MUNIR MAESTRO

Senin, 29 Oktober 2012

Percabangan => Pemilihan keputusan untuk mengeksekusi program berdasarkan kondisi yang di tetapkan, dapat berupa satu atau lebih kondisi dan dapat terdiri dari satu atau lebih pilihan  .
=> Bentuk-bentuk percabangan 
1. if ...then
   - Bentuk ini pemilihan keputusan apabila kondisi percabangan maka hanya satu bagian percabangan saja yang di kerjakan, sebaliknya . Jika kondisi percabangan tidak terpenuhi maka tidak ada yang di kerjakan .

Format :
if <kondisi> then
  <pernyataan>
..........
<pernyataan>
end if

Contoh :
if text1.text>10 then
msgbox "Berhasil"
end if
 Apabila kondisi yang di pakai lebih dari satu maka penggabungan antar kondisi menggunakan operator logika .
Ex : If (text1.text>10) and (text1.text<100) then
msgbox "Berhasil"
end if

I. PERULANGAN
Dalam pemrograman ada kalanya kita memerlukan perulangan untuk melakukan suatu perintah yang sama untuk beberapa kali. Pada visual basic terdapat beberapa macam struktur kondisi perulangan, diantaranya adalah Do … Loop dan For … Next. Untuk lebih jelasnya berikut adalah macam – macam bentuk perulangan dalam visual basic :
  1. 1. Do While … Loop
Kata while dalam pernyataan Do While merintahkan program untuk melakukan perulangan apabila kondisi persyaratan masih bernilai True. Apabila kondisi persyaratan bernilai False maka program akan keluar dari perulangan dan berpindah ke kode program berikutnya. Bentuk sintaks perulangan Do While adalah :
Do While Kondisi
Pernyataan
…..
Loop

Sintaks di atas adalah bentuk Do While dimana kondisi akhir perulangan terletak di awal sedangkan bentuk Do While yang letak kondisi akhirnya di akhir adalah sebagai berikut :
Do
Pernyataan
……
Loop While Kondisi

  1. 2. Do Until … Loop
Pada dasarnya, perulangan DO Until sama dengan perulangan DO While. Yang membedakannya adalah pada perulangan Do While perulangan akan terus berjalan selama kondisi bernilai True dan akan berhenti jika kondisi bernilai False sedangkan pada perulangan Do Until perulangan akan terus berjalan apabila kondisi bernilai salah dan akan brhenti jika kondisi bernilai True. Sintaks dari perulangan Do Until adalah :
Do Until Kondisi
Pernyataan
…..
Loop
Perulangan Do Until juga memiliki bentuk sintaks yang lain dimana kondisi diletakkan di akhir pernyataan perulangan. Bentuk sintaksnya adalah sebagai berikut :
Do
Pernyataan
……
Loop Until Kondisi

  1. 3. While … Wend
Perulangan While … Wend digunakan saat kita ingin pernyataan pada program dijalankan selama kondisi ekspresi yang di tetapkan masih bernilai True . Sintaks perulangan While Wend adalah :
While Ekspresi
Pernyataan
…..
Wend

  1. 4. For … Next

Perulangan For … Next digunakan untuk melakukan perulangan dengan jumlah tertentu yang kita kehendaki. Kita harus mendeklarasikan sebuah variabel yang akan digunakan sebagai indeks untuk perulangan. Sintaks perulangan For … Next adalah :
For Indeks = NilaiAwal To NilaiAkhir
Pernyataan
…..
Next Indeks

  1. 5. PERCABANGAN
Dalam Visual Basic ada beberapa kondisi percabangan yang dapat digunakan seperti IF… THEN, IF…THEN…ELSE, dan SELECT CASE. Kondisi percabangan biasanya dinyatakan dengan menggunakan operator seperti operator sama dengan (=), tidak sama dengan (<>) atau operator-operator perbadingan lainnya ( >, >=, <, <=).

1.   If…Then

Percabangan dengan menggunakan If … Then 
digunakan untuk memilih dua kondisi atau 
lebih dengan memeriksa syarat pada tiap kondisi, 
jika syarat pada kondisi 1 benar ( True ) 
maka maka program akan menjalankan pernyataan 1 jika tidak ( False ) 
maka program akan memeriksa kondisi 2,
 jika syarat pada kondisi 2 benar ( True )
 maka program akan menjalankan pernyataan 2 jika tidak ( False )
 maka program akan memeriksa kondisi
 berikutnya dan begitu seterusnya hingga kondisi terakhir pada percabangan.   

 

0 komentar:

Posting Komentar